Tiny Star

Kamis, 12 Januari 2017

Tips membuat komik


Sebelum membuat Komik, ada beberapa hal penting yang harus dipahami secara matang oleh Komikers. Berikut ini merupakan tahapan atau langkah sistematis yang harus dipahami sebelum membuat komik, antara lain :


1. Mempersiapan alat dan bahan
Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat komik sesuai dengan teknik apa yang akan kita gunakan, yaitu cara tradisional, hybrid dan digital

2. Membuat Skenario
Seperti film, komik memerlukan skenario. Berupa teks ,skenario merupakan hal yg menjabarkan ide dasar, alur cerita, konflik, penggarapan setiap karakter, latar belakang, tokoh, hingga menggambarkan lokasi kejadian. Semakin detail dan lengkap skenario komik, semakin mudah ilustator menuangkannya dalam bentuk visual.

3. Menyusun Storyboard
Storyboard adalah alat bantu untuk menyalurkan ide cerita kedalam bentuk visual. bentuknya berupa panel - panel bergambar berisi visualisasi adegan dari skenario. Untuk pembuatan storyboad awal, kamu tidak perlu menggambar sangat bagus. Yang penting jelas lewat gambar dan tidak menyimpang.

4. Membuat Sketsa
Wujudnya tidak jauh berbeda dengan storyboard. Sketsa menerjemahkan storyboard menjadi gambar yg lebih bagus dan detil. Ada 2 cara untuk membuat sketsa : secara manual dengan menggambar langsung sketsa diatas kertas, atau menggunakan tablet grafik agar sketsa langsung tersimpan ke PC.

5. Meninta Gambar
Sketsa perlu di pertegas dengan proses penintaan yang pada dasarnya berbeda dengan proses mewarnai. Ada 2 macam proses inking (penintaan). Jika dilakukan secara manual, proses inking diperlukan untuk mempertebal kertas sketsa (sebelum dipindai dengan scanner, jika menggunakan cara hybrid). Fungsinya agar detail sketsa terlihat lebih jelas saat dipindai dan disimpan kedalam PC. Alternatif lainnya, kmu juga bisa melakukan proses inking secara digital dengan memanfaatkan tablet grafik.

6. Mewarnai komik
Mewarnai komik merupakan tahap yg cukup penting dalam pembuatan komik kamu dapat mewarnainya secara manual maupun digital. Manual berarti mewarnai secara langsung menggunakan pensil warna, crayon, tinta atau cat lukis dan alat pewarna lain, sedangkan cara digital dengan memanfaatkan beberapa software seperti Adobe photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW,atau Corel Painter.

7. Menentukan Output
Komik karya kamu bisa di cetak, ditampilkan secara online, atau disimpan kedalam format PDF. jika kamu inign memamerkan komik secara online, ubah format komik menjadi JPG, PNG, GIF atau TIFF dengan resolusi 72 dpi (dot per inch). Untuk kebutuhan cetak, ubah resolusinya menjadi 300 dpi. Beberapa software sudah menyediakan fasilitas untuk konversi.Materi pada subbab-subbab sebelumnya berkaitan dengan konsep pembuatan komik, untuk selanjutnya pada subbab kali ini akan dibahas mengenai contoh cara membuat komik (lebih tepatnya hanya berupa karakter komik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar